Fitokimia atau disebut sebagai  'berbagai zat lain' adalah zat yang terdapat secara alami dalam jumlah yang breagam pada tumbuhan. Dalam satu jenis tumbuhan bisa terdapat hingga 100 zat fitokimia yang berbeda, saat ini telah ditenukan lebih dari 900 jenis zat fitokimia sebagai komponen tumbuhan.

Zat fitokimia tidak tergolong dalam nutrien atau zat gizi, sehingga sampai kini belum ada anjuran berapa banyak dibutuhkan bagi tubuh, seperti pada zat gizi lainnya. Karbohidrat dalam bentuk pati, protein, asam lemak umum, vitamin dan mineral penting lainnya tidak termasuk dalam fitokimia.

Di dalam tubuh, fitokimia bekerja dengan melengkapi dan menyempurnakan mekanisme alami tubuh, diantaranya sebagai antioksidan,detoksifier, hormon modulator dan sel regulator. Dalam beberapa penelitian menunjukkan, fitokimia bersama-sama dengan zat lain dalam tumbuhan dapat memperlambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit.

Berikut di bawah ini fitokimia yang terdapat dalam makanan dan fungsinya, terutama fungsi fitokimia memproteksi tubuh secara alamiah :
  • 1. Beta-karoten ; fungsi , meningkatkan sistem kekebalan, antioksodan, mencegah kebutaan, mempernaiki fungsi paru-paru, memperpanjang masa bebas penyakit pada penderita keganasan kanker payudara,paru, kandung kemih, mengurangi komplikasi penyakit diabetes.Terdapat pada :  buah-buhaan berwarna kuning dan orange serta sayuran berdaun hijau.
  • 2. Alisik Sulfida .Fungsi : anti kanker, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, mencegah pembekuan darah, mempengaruhi sistem kekebalan.Terdapat pada :bawang putih dan bawang bombay.
  • 3.  Lokopen, Terdapat pada tomat, dan produk olahannya, minyak sawit, stroberi, anggur, semangka. Berfungsi untuk mencegah kanker prostat dan penyakit jantung.
  • 4. Asam Fenolik;Kafeik; Ferulik;Klorogenik. Terdapat pada Apel, Jeruk, Kentang, Biji kopi, Ceri, Pir, Bluberi. berfungsi sebagai Antioksidan.
  • 5. Flavoid ( vitamin P ). Terdapat hampir pada sema jenis buah dan sayuran, teh dan wine. berfungsi mencegah tumbuhnya tumor, antioksidan,memperbaiki hormon seks, mencegah pembekuan darah dan anti radang.

0 comments:

Post a Comment

ELDISTRO -Limited Edition

 
Madbie © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top